Mukhlisin, Mukhlisin (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kyai dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Guru di Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2017-MUKHLISHIN-2015.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan gaya kepemimpinan kyai dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik korelasional dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel diambil dari populasi sebanyak 160 dari total 268 populasi guru TMI pondok pesantren Darunnajah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kyai terhadap produktivitas kerja guru di TMI pondok pesantren Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien Korelasi sebesar 0,496 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,246. Regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=49,283+0,474 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor gaya kepemimpinan kyai akan mempengaruhi peningkatan skor produktivitas kerja guru sebesar 0,474.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru di TMI pondok pesantren Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,447 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,199. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=56,423+0,396X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit disiplin kerja akan mempengaruhi peningkatan skor produktivitas kerja guru sebesar 0,396.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kyai dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja guru di TMI pondok pesantren Darunnajah Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh koefisien determinasi R2 sebesar 0,272 dan analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ŷ=44,624+0,341X1+0,182X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor gaya kepemimpinan kyai dan disiplin kerja akan mempengaruhi peningkatan skor produktivitas kerja guru sebesar 0,523.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:58 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:58 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/237 |