Mubarok, Muhammad Habibie Ainul (2020) Implementasi Metode Resitasi Dalam Pembelajaran PAI Di SMKN 29 Blok M Jakarta. Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-MUHAMMAD HABIBIE AINUL MUBAROK-2016.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode resitasi pada proses pembelajaran PAI di SMKN 29 Blok M Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan melalui tahap pendahuluan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, Adapun hasil penelitiannya ialah, dalam implementasi metode resitasi mempunyai langkah- langkah dalam pelaksanaanya, yaitu sebagai berikut Implementasi metode resitasi dalam pembelajaran PAI di SMKN 29 Blok M Jakarta melalui 2 tahapan. Pertama, kegiatan awal, yaitu guru membuat dan menyiapkan RPP, kedua, kegiatan inti, yaitu terdiri dari penjelasan materi, dalam kegiatan ini, guru menjelaskan materi yang di sampaikan, selanjutnya siswa diberikan kesempatan untuk bertanya, dalam kegiatan ini juga terdapat tahap evaluasi, dimana guru memberikan tugas kepada siswa dengan membagi kelompok untuk mendiskusikan materi. Selanjutnya guru menilai hasil diskusi. Tahapan selanjutnya adalah kegiatan akhir, guru menjelaskan kembali materi yang belum dimengerti oleh siswa dan memberikan kesimpulanya. Adapun kendala yang dihadapi dalam implementasi metode resitasi di sekolah, yakni, Kendala dalam penerapan metode resitasi dalam kegiatan belajar di SMKN 29 Blok M Jakarta, yakni tugas tersebut sulit diokontrol guru, karena kemungkinan tugas itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih ahli dari siswa tersebut, pemberian tugas terlalu sering, banyak, dan sulit, sehingga siswa banyak yang mengeluh, siswa menjadi malas mengerjakannya, dan pada akhirnya tugas tersebut tidak dikerjakan, untuk tugas kelompok sulit dinilai siapa yang paling aktif dalam mengerjakannya, faktorn intern siswanya, yaitu siswa disini ada yang pendiam, dan malu untuk berpendapat, jadi sulit untuk berdiskusi. Dalam hal tersebut, guru mempunyai upaya untuk menangani kendala-kendala dalam penerapan metode resitasi di SMKN 29 Blok M Jakarta, diantaranya: Tugas yang diberikan berkaitan dengan materi pelajaran yang telah dijelaskan, setiap hasil kerja siswa/siswi dikoreksi dengan teliti, diberi nilai, agar guru mengetahui siapa yang aktif dalam mengerjakan tugasnya dan siapa yang tidak. Adapun kelebihan dan kelemahan dalam implementasi metode resitasi di SMKN 29 Blok M Jakarta, ialah dapat mebuat siswa aktif belajar, tugas lebih merangsang siswa untuk lebih banyak, baik waktu dikelas maupun diluar kelas atau dengan lain, baik siswa dekat dengan guru maupun jauh dengan guru, metode ini dapat mengembangkan kreativitas siswa, siswa juga belajar untuk mengemukakan pendapatnya sendiri, bisa saling bertukar pikiran atau pendapat dengan temanya.
Kata kunci: Implementasi, Metode Resitasi, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eri Anggraini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:19 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:19 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/244 |