Desi, Desi (2020) Penerapan Metode Kaisa Dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Islamiyah Jakarta Pusat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-DESI-2016.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini menjelaskan tentang penerapan metode Kaisa dalam meningkatkan hafalan surah pendek. Penelitian dilakukan di PAUD Islamiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat anak pada hafalan surah yang disebabkan karena metode yang diterapkan tidak menyenangkan bagi anak-anak sehingga membuat anak bosan dan jenuh. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana konsep metode Kaisa pada anak usia dini? (2) bagaimana konsep hafalan surah pendek? (3) bagaimana penerapan metode Kaisa dalam meningkatkan hafalan surah Al-Ikhlas dan Al-Fiil?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripftif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis data menggunakan siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan menghafal surah pendek yaitu surah Al-Ikhlas dan Al-Fiil melalui metode Kaisa di PAUD Islamiyah Jakarta Pusat sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) rata-rata sebesar 6,7%. Setelah dilakukan tindakan kelas melalui metode Kaisa diperoleh hasil siklus I kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) rata-rata 33,3% dan siklus II meningkat menjadi 86,6%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 75% yang telah ditetapkan sekolah.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Menghafal, Metode Kaisa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Eri Anggraini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 08:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:16 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/272 |