Slamet, Yulia (2020) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Pada Anak Usia Dini (PAUD MELATI 4 Jakarta Pusat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-YULIA SLAMET-2016.pdf - Published Version
Download (854kB)
Abstract
Skirpsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok. Peneliti meakukan penelitian tentang 1)Bagaimana konsep kemampuan motorik kasar2)bagaimana konsep permainan Egrang Batok 3)bagbertujuan untuk meningikatkan kemandirian anak usia dini .Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B DIPAUD MELATI 4 Jakarta pusat.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah desain penelitian oleh Kemmis Taggart.penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi kemudian dilanjut dengan perencanaan ulang siklus berikutnya. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aspek kemandirian anak.Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di PAUD MELATI 4 , pada pra siklus 15,3 %.pada siklus I 61,5 % pada siklus II76,9 %, pada siklus ke III,kemampuan motorik kasar pada anak menjadi 76,9% langkah-langkah penelitian dapat meningkatkan motorik kasar anak,dilakukan dengan kegiatan bermain Egrang Batok. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan, Bahwa dengan Kegiatan bermain Egrang Batok, dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak.
Kata Kunci ; Upaya guru dalam meningkatkan motorik kasar, permainan Egrang Batok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Eri Anggraini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 08:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:25 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/273 |