repository ptiq

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Monopoli Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk An-Nahl Duri Kosambi Cengkareng

Kurniasi, Dedeh (2019) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Monopoli Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk An-Nahl Duri Kosambi Cengkareng. Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-DEDEH KURNIASI-2015.pdf] Text
2019-DEDEH KURNIASI-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan kognitif pada anak di TK Melati II. Kegiatan bermain monopoli diduga mampu menstimulasi daya pikir anak kelompok A yang berjumlah 11 anak dengan observasi berbentuk chek list.
Permasalahan penelitian membahas tentang kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun yang rendah sebab kegiatan anak sebelum penelitian, pembelajaran kurang menarik perhatian anak. Pembelajaran yang hanya memperkenalkan dan kegiatan yang masih monoton.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kelompok, observasi untuk memperoleh data hasil kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain monopoli dengan mencari nilai rata-rata, nilai tengah, nilai yang sering muncul, menggunakan standar deviasi untuk menjelaskan peningkatan yang terjadi setiap siklus.
Hasil penelitian memperoleh bukti ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain monopoli pada setiap siklus yaitu; 1) Pada pra siklus jumlah siswa yang berada dalam kriteria mulai berlembang (MB) yaitu semua siswa yang berjumlah 11 anak. Pada siklus I kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain monopoli meningkat siswa yang berada dalam kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) berjumlah 5 anak sedangkan kriteria yang berkriteria mulai berkembang (MB) 6 anak. Dan pada siklus II kemampuan kognitif meningkat menjadi berkembang sangat baik (BSB) dan tidak ada siswa yang berada pada kriteria belum berkembang, mulai berkembang, maupun berkembang sesuai harapan. 2) Berdasarkan peningkatan hasil kegiatan belajar setelah dilakukan tindakan penelitian kelas tersebut disimpulkan bahwa metode bermain monopoli dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak serta meningkatkan kreativitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).
Kesimpulan akhir penelitian dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK An-Nahl dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain monopoli, karena dalam permainan monopoli anak dapat mengasah perkembangan kognitif khususnya dalam mengenal bilangan.
Kata Kunci :Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Monopoli Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK An-Nahl Duri Kosambi Cengkareng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:50
Last Modified: 18 Oct 2021 08:50
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item
View Item