repository ptiq

Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Buku Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW (Study Kasus di PAUD Terpadu Malikah Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat)

Mulyaningsih, Lia (2019) Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Buku Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW (Study Kasus di PAUD Terpadu Malikah Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of 2019-LIA MULYANINGSIH-2015.pdf] Text
2019-LIA MULYANINGSIH-2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Lia Mulyaningsih, Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Buku Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas tarbiyah, institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta, 2019.
Akhlak merupakan bagian yang paling penting dalam terciptanya suatu hubungan, baik antara manusia dengan Allah SWT dan antara manusia dengan manusia itu sendiri. Kesempurnaan Islam itu tergantung pada kemuliaan dan kebaikan akhlaknya. Akhlak yang baik tidak akan terwujud pada seseorang tanpa adanya pembinaan, pembelajaran, dan pendidikan yang dilakukan. Baik buruknya suatu perbuatan haruslah merujuk kepada Al-Qur’an dan al-Hadits, karena pendidikan akhlak itu bersumber dari Al-Qur’an dan al-Hadits. Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah dengan pembelajaran buku kisah teladan Nabi Muhammad SAW yang memiliki kandungan (makna) tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam.
Melihat latar belakang diatas maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui pembelajaran buku kisah teladan Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan pendidikan akhlak anak usia dini dan nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terdapat dalam buku kisah teladan Nabi Muhammad SAW.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil yang penulis peroleh dari penelitian ini adalah terlihat dari keseharian peserta didik yang telah melaksanakan kewajibannya sesuai dengan peraturan yang telah diwajibkan oleh sekolah. Selain itu, para peserta didik juga sudah melaksanakan kewajibannya sebagai insan kamil. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW yaitu pendidikan akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap Rasulullah SAW, Akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, dan akhlak terhadap lingkungan. Pada akhlak terhadap Allah anak dapat menunjukkannya pada keseriusannya dalam praktek shalat, membaca Al-Qur’an dan membaca do’a. Pada Akhlak terhadap Rasulullah anak dapat menunjukkannya dengan kecintaannya terhadap Rasulullah, keseriusannya dalam bersholawat kepada Rasulullah. Pada akhlak terhadap diri sendiri, anak dapat berlaku sabar, tidak lekas marah terhadap teman, berkata jujur menjawab apa adanya ketika diberikan pertanyaan. Pada akhlak terhadap orangtua anak dapat berkata sopan terhadap orangtua dan mendo’akan kedua orangtua. Pada akhlak bermasyarakat anak dapat menunjukannya dengan menolong teman yang kesusahan dan berbagi makanan.
Kata Kunci : Pendidikan, Akhlak, kisah teladan Nabi Muhammad SAW

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eri Anggraini
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:36
Last Modified: 19 Oct 2021 01:37
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item
View Item