Rois, Muchamad Izzul (2019) Persepsi Masyarakat Terhadap Minimarket 212 Mart (Studi Kasus Konsumen Minimarket Joglo Kembangan Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.
Muchamad Izzul Rois 2015.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Nama : Muchamad Izzul Rois
Nim 151120172
Fak/Jur : Syariah / Ekonomi Syariah
Judul :Persepsi Masyarakat Terhadap Minimarket 212 Mart (Studi Kasus Konsumen Minimarket 212 Mart Joglo Kembangan Jakarta Barat)
Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat terhadap Minimarket 212 Mart (studi kasus konsumen 212 Mart Joglo Kembangan Jakarta Barat)”. Penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah aksi damai yang dilakukan oleh ratusan ribu umat muslim atas kasus penistaan agama oleh seorang Gubernur saat itu di lapangan monas dan sekitarnya, pada hari jumat tanggal 2 desember 2016 atau disebut dengan aksi 212 dan juga dorongan atas lemahnya kondisi ekonomi umat muslim di Indonesia. 212 Mart adalah unit usaha dari Koperasi Syariah 212 yang didirikan oleh sebagian tokoh-tokoh umat Islam sebagai implementasi semangat aksi 212 yang penuh dengan semangat persaudaraan dan kebersamaan. Penelitian ini mengemukakan tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap minimarket 212MART Joglo Kembangan? 2) Bagaimana minat masyarakat untuk berbelanja di 212MART Joglo Kembangan ?
3) Apa saja faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat untuk berbelanja di 212MART Joglo Kembangan ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara sistimatis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan persepsi masyarakat sekitar terhadap minimarket 212MART Joglo. enelitian ini merupakan bentuk penelitian sosial yang menggunakan format deskriptif kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Masyarakat memandang bahwa minimarket 212 Mart adalah sebuah minimarket syariah karena minimarket 212 Mart menerapkan nilai-nilai syariah pada bisnis retailnya. Lain dari pada itu mereka menilai bahwa 212 Mart harus melakukan sesuatu atau trobosan-trobosan tertentu jika ingin mampu bersaing dengan minimarket lainnya sehingga masyarakat optimis pada kemajuan 212 Mart. 2) Masyarakat bisa dikatakan tidak memiliki minat yang tinggi untuk berbelanja di 212mart. Selain dikarenakan kehadiran 212 Mart masih baru di tengah masyarakat, banyak faktor yang menyebabkan 212Mart sulit untuk bersaing dengan minimarket-minimarket lain. 3)Pengaruh harga dan jarak menjadi faktor yang sangat penting untuk menarik calon konsumen agar mau berbelanja di 212 Mart. Dari sepuluh nara sumber seluruhnya lebih mementingkan faktor harga dan jarak daripada faktor lain. Implikasi penelitian ini yaitu: 1) Bagi 212 Mart Peningkatan pelayanan senantiasa dikembangkan dan ditingkatkan, agar tercipta loyalitas konsumen. Karena penerapan layanan yang terbaik merupakan kunci utama untuk dapat berkompetensi dengan perusahaan lain agar tercipta loyalitas konsumen dan dapat meningkatkan profit. 2) Bagi Penelitian Selanjutnya, peneliti yang tertarik dengan judul atau permasalahan yang hampir sama atau sejenis, dapat memaparkan laporan penelitian ini sebagai bahan rujukan atau kajian bagi penelitiannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X6. Sosial dan Budaya Islam > 2X6.3. Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Abdul Rosyid |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:04 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/292 |