Rohim, Dul (2016) Pengaruh Keteladanan dan Kedisiplinan Guru terhadap Kecerdasan Spiritual (Siswa SMA Manbaul Ulum Asshidiqiyah 2 Batuceper Kota Tangerang). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-DUL ROHIM-2013.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai pengaruh keteladanan dan kedisiplinan guru terhadap kecerdasan spiritual secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Manbaul Ulum Asshidiqiyah 2 Batuceper Kota Tangerang Banten. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 116 responden siswa SMA Manbaul Ulum dari total 467 populasi pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keteladanan guru terhadap kecerdasan spiritual SMA Manbaul Ulum Asshidiqiyah 2 Batuceper Kota Tangerang yang ditunjukkan denagn nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 yang terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,348 dan koefisien determinasi (R2) 12,1 %. Persamaan regresi Ŷ = 66,313 + 0,407X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Prestasi Belajar (X1) akan diikuti kenaikkan Kecerdasan Emosi (Y) sebesar 0,407 poin. Kedua, Terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan guru terhadap kecerdasan spiritual siswa SMA Manbaul Ulum di Pondok Pesantren Asshidiqiyah 2 Batuceper Kota Tangerang, yang tunjukkan dengan besarnya nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini sebesar 0,387 dan koefisien determinasi (R2) 15 %. Persamaan regresi Ŷ = 60,016 + 0,382X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Kedisiplinan Guru (X2) akan diikuti kenaikkan Kecerdasan Spiritual (Y) sebesar 0,382 poin. Ketiga, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keteladanan dan kedisiplinan guru secara simultan terhadap kecerdasan spiritual siswa SMA Manbaul Ulum di Pondok Pesantren Asshidiqiyah 2 Batuceper Kota Tangerang, ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara ketiga variabel ini sebesar 0,414 dan koefisien determinasi (R2) 17,1 %. Persamaan regresi Ŷ =56,398+ 0,212X1 + 0,275X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor keteladan (X1) kedisiplinan guru (X2) secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor kecerdasan spiritual siswa (Y) sebesar 0,487
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:20 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:20 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/328 |