repository ptiq

Pengaruh Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab terhadap Prestasi Tahfizh Al-Qur’an (Penelitian di Ma’had Tahfizh Al-Qur’an Roudlotul Jannah Tangerang)

Nasier, Gamal Abdel (2016) Pengaruh Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab terhadap Prestasi Tahfizh Al-Qur’an (Penelitian di Ma’had Tahfizh Al-Qur’an Roudlotul Jannah Tangerang). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab terhadap Prestasi Tahfizh Al-Qur’an (Penelitian di Ma’had Tahfizh Al-Qur’an Roudlotul Jannah Tangerang)] Text (Pengaruh Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab terhadap Prestasi Tahfizh Al-Qur’an (Penelitian di Ma’had Tahfizh Al-Qur’an Roudlotul Jannah Tangerang))
2016-GAMAL ABDEL NASIER-2014.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survai dengan pendekatan korelasional, sedangkan populasi penelitian adalah santri Ma‟had Tahfizh Al-Qur‟an Roudlotul Jannah Tangerang dengan jumlah populasi sebanyak 70 orang santri. Adapun cara penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, artinya seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga seluruh santri ma‟had tersebut dijadikan sampel, yakni sebanyak 70 orang santri. Instrumen pengumpul data untuk variabel minat menghafal Al-Qur‟an menggunakan kuesioner (angket), sedangkan untuk variabel kemampuan berbahasa Arab dan prestasi Tahfizh Al-qur‟an menggunakan data sekunder yaitu nilai bahasa Arab dan Tahfizh. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan software SPSS statistik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan α = 0,01. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, Prestasi Tahfizh Al-Qur‟an santri Ma‟had Tahfizh Al-Qur‟an Roudlotul Jannah Tangerang pada saat ini berada pada kategori cukup tinggi atau cukup baik (78,14%). Kedua, Minat menghafal Al-Qur‟an santri Ma‟had Tahfizh Al-Qur‟an Roudlotul Jannah Tangerang pada saat ini berada pada kategori cukup tinggi atau cukup baik (78,046%). Ketiga, Kemampuan berbahasa Arab (X2) santri Ma‟had Tahfizh Al-Qur‟an Roudlotul Jannah Tangerang pada saat ini berada pada kategori cukup tinggi atau cukup baik (79,23%). Keempat, Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menghafal Al-Qur‟an terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an dengan koefisien korelasi 0,445 artinya kekuatan pengaruh tergolong rendah. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,198 yang berarti bahwa minat menghafal Al-Qur‟an memberikan pengaruh terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an sebesar 19,8%. Sedangkan arah pengaruh ditunjukkan oleh koefisien regresi yaitu Ŷ = 38,926 + 0,335X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor minat menghafal Al-Qur‟an akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi Tahfizh Al-Qur‟an sebesar 0,335. Kelima, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berbahasa Arab terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an dengan koefisien korelasi 0,775 artinya kekuatan pengaruh tergolong cukup tinggi. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,601 yang berarti bahwa kemampuan berbahasa Arab memberikan pengaruh terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an sebesar 60,1%. Sedangkan arah pengaruh ditunjukkan oleh koefisien regresi yaitu Ŷ = 19,080 + 0,745X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor minat menghafal Al-Qur‟an akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi Tahfizh Al-Qur‟an sebesar 0,745. Keenam, Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat menghafal Al-Qur‟an dan kemampuan berbahasa Arab secara bersama-sama terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an dengan koefisien korelasi 0,790 artinya kekuatan pengaruh tergolong cukup tinggi. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,624 yang berarti bahwa minat menghafal Al-Qur‟an memberikan pengaruh terhadap prestasi Tahfizh Al-Qur‟an dan kemampuan berbahasa Arab secara bersama-sama sebesar 62,4%. Sedangkan arah pengaruh ditunjukkan oleh koefisien regresi yaitu Ŷ = 38,926 + 0,123X1 + 0,683X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor minat menghafal Al-Qur‟an dan kemampuan berbahasa Arab secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi Tahfizh Al-Qur‟an sebesar 0,806.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:40
Last Modified: 21 Oct 2021 05:44
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item