Fadillah, Habibah Nur (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional Santri dan Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Tahfidz Al-Qur’an (Studi terhadap Santri Program Takhassus Al-Qur’an Ponpes Al-Qur’aniyyah Pondok Aren Banten). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-HABIBAH NUR FADILLAH-2013.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh melalui objek penelitian yaitu santri program Takhassus Al-Qur‟an Ponpes Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren Banten dengan sampel penelitian yaitu sebanyak 114 responden dari sejumlah 114 populasi santri program Takhassus Al-Qur‟an pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dengan cara perhitungan menggunakan sistem komputerisasi (SPSS) for windows versi 22 dengan jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional santri terhadap prestasi tahfidz Al-Qur‟an yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak, kemudian ditinjau dari nilai koefisien korelasi yang berkonsultasi pada rtabel berada pada taraf signifikansi 0,05 yaitu rhitung 0,724 > rtabel 0,195 yang berarti tingkat korelasi yang kuat atau tinggi. Kecenderungan arah pengaruh yang ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ = 1.498 + 1.019 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kecerdasan emosional santri akanmempengaruhi peningkatan skor prestasi tahfidz Al-Qur‟an sebesar 1,019 poin. Kedua, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi tahfidz Al-Qur‟an yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (1- tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak, kemudian ditinjau dari nilai koefisien korelasi yang berkonsultasi pada rtabel berada pada taraf signifikansi 0,05 yaitu rhitung 0,646 > rtabel 0,195 yang berarti tingkat korelasi yang sedang atau cukupan. Kecenderungan arah pengaruh yang ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ = 20,752 + 0,858 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor profesionalisme guru akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi tahfidz Al-Qur‟an sebesar 0,858 poin. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional santri dan profesionalisme guru secara simultan terhadap prestasi tahfidz Al-Qur‟an yang tunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah adalah 0,766 dengan berkonsultasi pada rtabel yaitu rhitung 0,766 > rtabel 0,195 yang berada pada tingkat korelasi yang kuat atau tinggi. besarnya pengaruh berdasarkan nilai koefisien determinasi R2(R square) = 0,587, yang berarti bahwa besarnya pengaruh sebesar 58,7 % dan sisanya yaitu 41,3 % ditentukan oleh faktor lainnya. Kecenderungan arah pengaruh yang ditunjukkan melalui persamaan regresi Ŷ = -16.597 + 0,740 X1+ 0,424 X2, berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kecerdasan emosional santri dan profesionalisme guru secara simultan akan mempengaruhi peningkatan skor prestasi tahfidz Al-Qur‟an sebesar 1,164 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 02:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:20 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/333 |