Anam, Khairul (2016) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir – Kota Depok). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-KHAIRUL ANAM-2014.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empirik mengenai pengaruh pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir Kota Depok. Penelitian ini adalah penelitian sampel populasi, yang meneliti sebanyak 66 responden Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir Kota Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan antara pendidikan agama Islam terhadap perilaku sosial anak siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir Kota Depok yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 yang terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,553 dan koefisien determinasi (R2) 30,5%. Persamaan regresi Ŷ = 42,989 + 0,619 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pendidikan agama Islam (X1) akan diikuti kenaikkan perilaku sosial anak (Y) sebesar 0,619 poin. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan cukup signfikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku sosial anak di Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir Kota Depok yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,561 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 31,4%. Bentuk pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 52,499 + 0,568 X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pendidikan karakter (X2) akan diikuti kenaikkan perilaku sosial anak (Y) sebesar 0,568 poin. Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan antara pendidikan agama islam dan pendidikan karakter secara bersama-sama (simultan) terhadap perilaku sosial anak di Sekolah Menengah Pertama Islam Plus Az-Zahra Pondok Petir Kota Depok ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,637 sedangkan koefisien determinasi sebesar 37,9%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi Ŷ = 30,742 + 0,368 X1 + 0,355 X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin pendidikan agama Islam (X1) dan pendidikan karakter (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan perilaku sosial anak (Y) sebesar 0,723 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:09 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:09 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/341 |