Hayatina, Lamya (2016) Pengaruh Kreativitas Dan Kedisiplin Terhadap Kinerja Guru SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-LAMYA HAYATINA-2013.pdf - Accepted Version
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai pengaruh kreativitas dan kedisiplinan terhadap kinerja guru secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 109 responden guru SMK Manba’ul Ulum Cirebon dari total 110 populasi pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kinerja guru SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,708, dan koefisien determinasi (R2) 50,1%. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi = 18.981 + 0,791X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,791.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r) sebesar 0,855. Dan koefisien determinasi (R2) 73,2%. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi 0.457 + 0,893X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kedisiplinan akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru sebesar 0,893.
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Manba’ul Ulum, Cirebon yang tunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r) sebesar 0,875. dan koefisien determinasi (R2) 76,6 %.Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan persamaan regresi =3.633 + 0,278X1+0,720X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas (X1) dan kedisiplinan (X2) secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor kinerja guru (Y) sebesar 0,998.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:45 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:45 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/343 |