Latip, M. Abdul (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Prestasi Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus Pada Siswa SMA IT Insan Mandiri Cibubur Bekasi). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-M. ABDUL LATIP-2013.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh motivasi belajar siswa dan prestasi tahfidz Al-Qur‟an terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu seluruh siswa SMA IT Insan Mandiri Cibubur Bekasi. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 89 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : 
Pertama, Terdapat yang pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,798 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 68,7 %. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 62,67 + 0,489X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin motivasi belajar siswa (X1) akan diikuti kenaikkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Y) sebesar 0,489 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan prestasi tahfidz Al- Qur‟an dengan koefisien korelasi (r) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) sebesar 0,623 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 50,2 %. Persamaan regresi Ŷ = 20,467 + 0,684X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin prestasi tahfidz Al-Qur‟an (X2) akan diikuti dengan kenaikkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Y) sebesar 0,684 poin. 
Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa dan prestasi tahfidz Al-Qur‟an secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Koefisien korelasi sebesar 0,685 sedangkan koefisien determinasi sebesar 58,7%. Persamaan regresi regresi Ŷ = 23,443 + 0,407X1 + 0,589X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin motivasi belajar siswa dan prestasi tahfidz Al-Qur‟an secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) sebesar 0,994 poin.
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA | 
| Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam | 
| Depositing User: | Siti Mariam | 
| Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:00 | 
| Last Modified: | 22 Oct 2021 07:00 | 
| URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/344 | 
      