Huda, Moh. Nur (2016) Pengaruh Pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia Dan Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-MOH. NUR HUDA-2009.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini Mencoba untuk menguji KPI dan Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Akhlaq Generasi Muda. Keberadaan media massa, terutama televisi, memiliki pengaruh yang besar dalam pendidikan akhlak generasi muda. Sebagai generasi muda yang masih dalam proses pembelajaran, para remaja begitu mudah untuk mengikuti atau menduplikasi apa yang mereka saksikan di lingkungan sekitar, tidak terkecuali tayangan yang berasal dari televisi. Acara-acara atau program siaran yang disiarkan oleh televisi dengan berbagai bentuknya, begitu mudah merasuk dalam pikiran pemirsanya. Segala macam kosa kata yang kurang mendidik dan cenderung jauh dari nilai-nilai agama, sering diikuti oleh generasi muda tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut bukan merupakan ajaran yang baik. Kontribusi KPI dalam pendidikan akhlak generasi muda antara lain melekat pada perannya sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap tayangan-tayangan media massa, terutama televisi. Dengan kewenangan ini, maka KPI dapat melakukan beberapa tindakan ketika menemukan tayangan yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku dan berpotensi merusak akhlak generasi muda. Tindakan yang dimaksud diantaranya adalah berupa teguran, peringatan dan seterusnya. Selain itu, KPI juga memiliki staf yang secara khusus dipekerjakan untuk mengawasi seluruh tayangan di semua stasiun televisi selama 24 jam non-stop. Berdasarkan hasil uji analisis regresi Pengaruh Pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda Berdasarkan nilai hitung F dan nilai tabel F yang diperoleh terletak didaerah penolakan H0, Artinya pernyataan yang menyebutkan tidak terdapat pengaruh kompetensi individu terhadap Pendidikan Akhlak di tolak, Berdasarkan hasil uji terhadap 30 orang di lembaga KPI diperoleh keterangan objektif bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara Komisi Penyiaran Indonesia dengan Pendidikan Akhlak Generasi Muda diperoleh F tabel 4,20 dan F hitung lebih besar dari F tabel yaitu : 1.355.Selanjutnya hasil analisis, Pengaruh Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda Berdasarkan nilai hitung F dan nilai tabel F yang diperoleh terletak didaerah penolakan H0, Artinya pernyataan yang menyebutkan tidak terdapat pengaruh kompetensi individu terhadap Pendidikan Akhlak di tolak. Berdasarkan hasil uji terhadap 30 orang di lembaga KPI diperoleh keterangan objektif bahwa terdapat pengaruh yang berarti antara Komisi Penyiaran Indonesia dengan Pendidikan Akhlak Generasi Muda, Diperoleh F tabel 4,20 dan F hitung lebih besar dari F tabel yaitu : 10.883 Analisis regresi Ganda Pengaruh Pengawasan Komisi Penyiaran Indonesia dan Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda, Berdasarkan nilai hitung F dan nilai tabel F yang diperoleh terletak didaerah penolakan H0, Artinya pernyataan yang menyebutkan tidak terdapat pengaruh pengawasan KPI terhadap Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Berdasarkan hasil uji terhadap 30 orang di lembaga KPI diperoleh keterangan objektif bahwa terdapat pengaruh yang berarti pengawasan KPI dan Kinerja Lembaga Penyiaran Terhadap Pendidikan Akhlak Generasi Muda, Diperoleh F tabel 4,20 dan F hitung lebih besar dari F tabel yaitu : 5.590
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 10:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 10:24 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/349 |