Renaldi, Rizal (2016) Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Metode Mengajar Terhadap Prestasi Siswa (Siswa SMA Daarul Qur’an Internasional Kota Tangerang). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-RIZAL RENALDI-2013.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui data-data empiric mengenai pengaruh kompetensi profesional guru dan metode mengajar guru dengan prestasi belajar secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu Siswa SMA Daarul Qur‟an Internasional Kota Tangerang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 184 responden siswa Daarul Qur‟an Internasional Kota Tangerang dari total 341 populasi pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa di SMA Daarul Qur‟an Internasional Kota Tangerang yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 yang terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,385 dan koefisien determinasi (R2) 15 %. Persamaan regresi Ŷ = 59.262 + 0,159 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Kompetensi Profesional (X1) akan diikuti kenaikkan Prestasi Belajar (Y) sebesar 0,159 poin.
Kedua, Terdapat hubungan positif dan signfikan antara metode mengajar dengan prestasi belajar siswa di SMA Daarul Qur‟an Internasional Kota Tangerang yang tunjukkan dengan nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,221 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 20 %. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 70,496 + 0,072 X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin Metode Mengajar (X2) akan diikuti kenaikkan Prestasi Belajar (Y) sebesar 0,072 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan metode mengajar secara bersama-sama (simultan) dengan prestasi belajar di SMA Daarul Qur‟an Internasional Kota Tangerang ditunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Koefisien korelasi sebesar 0,386 sedangkan koefisien determinasi sebesar 14,9%. Bentuk pengaruh ditunjukkan oleh persamaan regresi Ŷ = 59, 273 + 0,172 X1 + 0,016 X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi profesional (X1) dan Metode Mengajar Guru (X2) secara bersamasama akan diikuti kenaikkan Prestasi Belajar (Y) sebesar 0.188 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 08:01 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 08:01 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/359 |