Muzani, Sulaeman Hafash (2016) Pengaruh Kinerja Guru Dan Metode Pembelajaran PAI Terhadap Perilaku Akhlak Siswa Di SMP Islam Plus Az-Zahra Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2016-SULAEMAN HAFASH MUZANI-2013.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait pengaruh kinerja guru dan metode pembelajaran PAI terhadap perilaku akhlak siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa dan siswi kelas VIII (delapan) dan kelas IX (sembilan) di SMP Islam Plus Az-Zahra Depok. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 82 responden dari total 102 populasi siswa dan siswi kelas VIII (delapan) dan kelas IX (sembilan) pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah :
Pertama, Terdapat yang pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap perilaku akhlak siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,549 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 30,1 %. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 51,034 + 0,485X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kinerja guru (X1) akan diikuti kenaikkan perilaku akhlak siswa (Y) sebesar 0,485 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan antara metode pembelajaran PAI terhadap perilaku akhlak siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,589 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 34,7 %. Persamaan regresi Ŷ = 43,503 + 0,562X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin metode pembelajaran PAI (X2) akan diikuti dengan kenaikkan perilaku akhlak siswa (Y) sebesar 0,562 poin.
Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru dan metode pembelajaran PAI secara simultan terhadap perilaku akhlak siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,626 sedangkan koefisien determinasi sebesar 39,2%. Persamaan regresi regresi Ŷ = 35,301 +0,251X1 + 0,383X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kinerja guru (X1) dan metodpembelajaran PAI (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan perilaku akhlak siswa (Y) sebesar 0,634 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 04:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:38 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/364 |