repository ptiq

Penerapan Penghargaan Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di SD Islam Al-Husain Pengasinan, Depok, Jawa Barat

Wahyudin, Wahyudin (2021) Penerapan Penghargaan Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di SD Islam Al-Husain Pengasinan, Depok, Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Penerapan Penghargaan Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di SD Islam Al-Husain Pengasinan, Depok, Jawa Barat] Text (Penerapan Penghargaan Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di SD Islam Al-Husain Pengasinan, Depok, Jawa Barat)
2021-WAHYUDIN-2016.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini melihat hasil dari metode penghargaan yang digunakan oleh pengajar Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Al-Husain Pengasinan, Depok, Jawa Barat. Metode penghargaan diterapkan di SDI Al-Husain dengan cara memberikan apresiasi berupa materi maupun non materi kepada peserta didik. Hal itu diberikan ketika peserta didik dianggap sudah mencapai target yang diajarkan oleh guru, yang disampaikan kepada peserta didik sebelum KBM dimulai dengan metode pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Strategi seperti itu sangat efektif dalam menunjang pembelajaran, khususnya pembelajaran Al-Qur’an di SDI Al- Husain, yang indikatornya dapat dilihat dari hasil yang baik dari kegiataan membaca Al-Qur’an sesuai dengn kaidah ilmu tajwid, menulis, dan menghafal Al-Qur’an. Adapun poin berikutnya adalah, metode penghargaan tersebut dapat meningkatkan perilaku positif peserta didik, baik perilaku pada diri sendiri (berpakaian rapi), terhadap Allah (beribadah), dan kepada sesame makhluk (berperilaku positif).
Temuan tersebut sesuai dengan tujuan dari pembelajaran yang seharunya diberikan kepada peserta didik yang sangat diharapkan kontribusinya dalam pengembangan intelektual serta perbaikan moral. Apa yang diterapkan di SDI Al-Husain merupakan terobosan untuk membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar Al-Qur’an.
Dilihat dari kajiannya, penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), yang data-datanya diperoleh dari hasil analisa dokumen, observasi, dan interview. Adapun dari sekian data yang terhimpun kemudian dilakukan studi konten secara tematik kemudian diberikan kesimpulan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:00
Last Modified: 03 Nov 2021 06:00
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item