repository ptiq

Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten

Anam, Moh. Khoirul (2021) Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten] Text (Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten)
2021-MOH KHOIRUL ANAM-2017.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui penggunaan alat peraga metode Tilawati pada masa pandemi covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis, yaitu berusaha memaparkan secara sistematis materi-materi pembahasan yang berasal dari berbagai sumber untuk kemudian dianalisis dengan cermat guna memperoleh hasil sebagai kesimpulan yaitu penggunaan alat peraga dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sangat efektif diterapkan di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Penelitian ini juga merupakan penelitian lapangan (Field study research) yang di maksud adalah mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi sosial, individu, kelompok, lembaga terkait dengan pembelajaran baca tulis Al- Qur’an. Hasil penelitian di peroleh:
Pertama, Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an efektif dengan mengggunakan alat peraga huruf hijaiyah. Hal ini ditunjukkan oleh proporsional penggunaan waktu belajar yang memenuhi target hasil, kesan positif dan antusias siswa dalam belajar baca tulis Al-Qur’an.
Kedua, Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, yaitu menggunakan metode Tilawati dengan pembelajaran yang menyenangkan karena dalam pengajarannya menerapkan nada rast atau nada datar, naik, dan turun sehingga terdapat variasi dalam bacaan serta penggunaan alat peraga Tilawati sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, khususnya dalam kondisi pandemi dapat dilakukan dengan menampilkan halaman atau share screen sesuai pada peraga tilawati dan guru membacakan sesuai dengan fungsi peraga saat belajar normal sehingga dapat membantu siswa serta sangat menunjang dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.
Ketiga, Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada masa pandemi atau adanya wabah tetap dapat dilakukan dengan guru menampilkan gambar atau share screen halaman yang terdapat dalam peraga sehingga siswa dapat melihat dengan jelas peraga tersebut serta guru mempraktekkan sesuai saat pembelajaran normal, sehingga penggunaannya masih efektif dan sangat mendukung dalam pembelajaran baca tulis Al- Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:36
Last Modified: 19 Nov 2021 03:36
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item