repository ptiq

Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Perspektif Al-Qur’an (Studi Kualitatif Pada Orang Tua Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong - Bogor)

Gojali, Jihad Achmad (2020) Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Perspektif Al-Qur’an (Studi Kualitatif Pada Orang Tua Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong - Bogor). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Perspektif Al-Qur’an (Studi Kualitatif Pada Orang Tua Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong - Bogor)] Text (Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Perspektif Al-Qur’an (Studi Kualitatif Pada Orang Tua Siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong - Bogor))
2020-JIHAD ACHMAD GOJALI-2017.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam syariat Islam, mendidik dan membimbing anak merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim, karena anak merupakan amanat yang harus dipertanggung jawabkan oleh orang tuanya. Orang tua harus senantiasa mencontohkan akhlak yang baik, memberikan pendidikan yang baik, sehingga mampu membentuk mereka manjadi anak yang mempunyai akhlakul karimah. Konsep pendidikan dalam Islam mengajarkan bahwa pola asuh yang dilakukan oleh orang tua termasuk mencakup bagaimana orang tua mampu membentuk akhlakul karimah terhadap anak–anaknya, yang di dalamnya mencakup tentang model pola asuh yang bagaimana seharusnya dilakukan oleh para orang tua dan tentunya disesuaikan dengan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pertama, Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Perspektif Al-Qur’an. Kedua, Macam-macam Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak
Anak yang Diimplementasikan di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan berupaya menganalisis, mencari dan membuat interpretasi data yang ditemui melalui studi wawancara, dokumen dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan dan ketergantungan. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu: Pertama, Peran pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak anak perspektif Al-Qur’an diantaranya adalah orang tua mampu mendidik dan memberikan contoh serta pembiasaan-pembiasaan yang baik kepada anak-anaknya, diantaranya adalah (1) Memanggil anak dengan panggilan yang indah dan penuh kasih sayang, (2) Mengedepankan konsep musyawarah dalam setiap perintah atau larangan dan menggunakan argumen yang logis dan tepat, (3) Menanamkan nilai ketauhidan (keesaan) Allah yang benar kepada sang anak (Al-Qur’an Surah Luqman/31: 13), selalu memberi nasihat dan pelajaran, sehingga anak-anaknya dapat menempuh jalan yang benar, dan menjauhkan mereka dari kesesatan (Al-Qur’an Surah At-Tahrim/66: 6). Kedua, Macam-macam pola asuh orang tua yang paling dominan dalam pembentukan ahlak anak yang diimplementasikan di SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong adalah (1) Peran pola asuh otoriter, karena pada anak usia SD, anak terkadang belum dapat menentukan pilihan yang baik dan buruk, maka berlaku lah pola asuh otoriter, artinya orang tua berhak menentukan kebaikan-kebaikan untuk anaknya, dan disamping itu perlu diseimbangkan dengan pola asuh yang lain. (2) Pola asuh demokratis, yakni dengan dipadukannya pola asuh demokratis ini, anak-anak dapat mengutarakan pendapatnya dalam menentukan hal yang dia inginkan dan dia akan mengedepankan kebaikan-kebaikan, tak hanya itu pola asuh demokratis juga mampu memberikan kepercayaan tanggung jawab dan perjanjian komitmen kepada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:50
Last Modified: 20 Dec 2021 07:50
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item