Febriani, Nur Arfiyah and Wijaksono, Muhamad and Arief, Armai (2021) Efektifitas Metode Pembelajaran Tuntas Perspektif Al-Qur’an dalam Pendidikan Kepramukaan di SMPIT al-Husein Tigaraksa Tangerang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. ISSN 2581-1754
Jurnal Edukasi Islami.pdf
Download (476kB)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran tuntas perspektif Al-Qur’an dalam pendidikan kepramukaan di SMPIT al-Husein Tigaraksa Tangerang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian mix metod yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan studi pustaka dan studi lapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tuntas perspektif Al-Quran memiliki dimensi kognitif yang berkaitan dengan intelektual (pengetahuan), dimensi afektif yang berkaitan dengan sikap dan nilai-nilai dalam kehidupan, dimensi psikomotorik yang berkaitan dengan tingkah laku, dimensi spiritual yang berkaitan dengan nilai-nilai dan kebermaknaan hidup, dimensi attitude berkaitan dengan etika, sikap dan perilaku, dimensi aptitude berkaitan dengan potensi dan bakat dan dimensi sosial berkaitan dengan hubungan (komunikasi) dengan manusia. Hasil penelitian terhadap efektifitas metode pembelajaran tuntas perspektif Al-Qur’an pada kegiatan pendidikan kepramukaan dapat diidentifikasi melalui perubahan perilaku, prestasi akademik, perubahan sosial dan prestasi non akademik. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket yang diberikan kepada peserta didik terkait dengan pendidikan kepramukaan membantu dalam perubahan sikap dimana menjadikan anggotanya untuk sopan dan santun dalam berkomunikasi. Dari 50 peserta didik yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 52% peserta didik merespon sangat setuju, 38% setuju, 8% kurang setuju, 2% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju terkait dengan pernyataan tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 26 Dec 2021 05:22 |
Last Modified: | 26 Dec 2021 05:22 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/458 |