Nuryanti, Nuryanti (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Berbasis Sentra Al-Qur’an Di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021 NURYANTI-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pendidikan karakter pada pilar ke-3 tentang konsep jujur, amanah, dan berkata baik bagi anak usia dini di RA Istiqlal Jakarta. Penelitian pada penulisan ini termasuk dalam jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan apabila data yang hendak dikumpulkan adalah data kualitatif, yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Penelitian kualitatif sangat mengutamakan kualitas data, sehingga dalam penelitian tidak digunakan analisis statistika. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field study research) yang bermaksud mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi sosial, individu, kelompok, lembaga dan masyarakat, dalam hal ini adalah RA Istiqlal Jakarta. Selaras dengan sabda Rasulullah ṣallallâhu „alaihi wasallam dalam hadis Riwayat Tirmidzi No. 1162 yaitu, Orang-orang mukmin yang paling sempurna iman mereka adalah yang paling baik akhlaknya. Hal ini menunjukkan bahwa Islam menempatkan akhlak dalam posisi penting yang harus dipegang teguh para pemeluknya, bahkan, tiap aspek dari ajaran Islam selalu berorientasi pada pembinaan akhlak yang mulia (akhlakul karimah). RA Istiqlal Jakarta merupakan lembaga pendidikan yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan pendidikan karakter bagi anak usia dini, ini terbukti pada tahun 2007 RA Istiqlal dipilih sebagai PAUD unggulan tingkat DKI Jakarta dan Nasional yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional. Pelaksanaan Pilar ke-3 tentang konsep jujur, amanah dan berkata baik dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis Sentra Al-Qur’an dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian. Di Sentra Al-Qur’an ada kegiatan yang berbeda-beda dan bervariasi tetapi saling terintegrasi, saling terkait dengan sentra yang lainnya dalam rangka mengembangkan seluruh potensi kecerdasan dan karakter anak usia dini secara terpadu. Selain itu salah satu visi misi dan tujuan dari RA Istiqlal itu sendiri yaitu terwujudnya lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak generasi berakhlakul karimah, hal ini menunjukkan jelas bahwa RA Istiqlal sangat mengutamakan pendidikan akhlak/ karakter bagi para siswanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 02 Jan 2022 07:48 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:29 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/460 |