Gipari, Lalu Muharar Al (2021) Pengaruh Manajemen Pendidikan Boarding School Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Siswa Di SMA IT Rahmaniyah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-LALU MUHARAR AL GIPARI-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait Pengaruh Manajemen Pendidikan Boarding School Dan keteladanan Guru Terhadap karakter Siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa SMA IT Rahmaniyah Cibinong Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 138 responden dari total 210 populasi siswa SMA IT Rahmaniyah pada tahun ajaran 2020-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis anaisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari manajemen pendidikan boarding school terhadap karakter siswa dengan koefisien korelasi pearson correlation (ry1) adalah 0,460 dan koefesien determinasi (R2) = 0,211 yang berarti bahwa manajemen pendidikan boarding school terhadap karakter siswa sebesar 21,1% dan sisanya yaitu 78,9% ditentukan oleh faktor lainnya. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 64,496 + 0,456 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor manajemen pendidikan boarding school akan mempengaruhi peningkatan skor karakter siswa sebesar 64,952. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari keteladanan guru terhadap karakter siswa dengan koefisien korelasi pearson correlation (ry1) adalah 0,512 dan koefesien determinasi (R2) = 0,263, yang berarti bahwa keteladanan guru terhadap karakter siswa sebesar 26,3% dan sisanya yaitu 73,7% ditentukan oleh faktor lainnya. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 65,801 + 0.446 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor bimbingan guru akan mempengaruhi peningkatan skor kecerdasan emosional siswa sebesar 66,257. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari manajemen pendidikan boarding school dan keteladanan guru secara bersama-sama terhadap karakter siswa dengan koefisien korelasi pearson correlation (ry1,2) adalah 0,555 dan koefesien determinasi (R2) = 0,308, yang berarti bahwa manajemen pendidikan boarding school dan keteladanan guru secara bersama-sama terhadap karakter siswa sebesar 30,8% dan sisanya yaitu 69,2% ditentukan oleh faktor lainnya.Ŷ = 50,333 + 0,254X1 + 0,324X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor manajemen pendidikan boarding school dan keteladanan guru secara bersama-sama akan mempengaruhi peningkatan skor karakter siswa sebesar 50,913.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 13 Feb 2022 02:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2022 02:02 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/485 |