Rudiansyah, Muhamad (2021) Implementasi Metode Tahfidz Pakistani Di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Askar Cisarua Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-M. RUDIANSYAH-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, metode sangat penting dalam upaya mencapai target yang diharapkan. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Askar Cisarua Bogor menggunakan metode tahfidz Pakistani, dengan metode ini santri begitu
antusias dalam hafalannya. Kekhasan metode yang digunakan di dalam melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Askar Cisarua Bogor ini dijadikan sebagai program unggulan dan menjadi nilai tambah bagi pondok tersebut yang masih sangat jarang menerapkan tahfidz Al-Qur’an di Bogor Adapun permasalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode tahfidz Pakistani dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri pondok pesantren tahfidz Al-Qur’an Al Askar Cisarua Bogor?; (2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan metode tahfidz Pakistani?; (3) Bagaimana dampak implementasi metode tahfidz Pakistani dalam meningkatkan kualitas dan kemajuan tahfidz santri?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan implementasi, efektivitas, dan dampak implementasi pembelajaran tahfidz dengan metode tahfidz di Pakistani di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Askar Cisarua Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah taknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan angket test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran tahfidz dengan metode tahfidz Pakistani di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Askar Cisarua Bogor terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi. Pertama persiapan pembelajaran yaitu dasar pembelajaran, tujuan pembelajaran, penentuan materi, standar kompetensi, penentuan alokasi waktu. Kedua pelaksanaan pembelajaran meliputi setoran sabaq, setoran, sabqi, dan setoran manzil. Dan ketiga evaluasi terdiri dari evaluasi setoran harian, hafalan tiga juz pertama, kelipatan lima juz, bulanan, dan tahunan. Efektivitas pelaksanaan metode tahfidz Pakistani terhadap hasil hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Askar Cisarua Bogor telah memiliki tingkat efektivitas yang baik. Hal ini dapat terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik, yang berjalan secara sistematis dan didukung pula oleh sarana prasarana belajar yang memadai serta ustadz tahfidz yang berkompeten dalam bidangnya dan hasil test hafalan santri yang sangat baik. Dampak implementasi metode tahfidz Pakistani dalam meningkatkan kualitas dan kemajuan tahfidz santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al Askar Cisarua Bogor meliputi hafalan santri meningkat, santri lebih focus dalam menghafal, mempunyai kepribadian percaya diri, bisa menjalani ujian setoran 30 juz sekali duduk, terbiasa membaca hafalan di depan orang banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.341. Pondok Pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:57 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:57 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/491 |