repository ptiq

Pengaruh Supervisi Akademik Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Analisis Kuantitatif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kota Bekasi)

Hermawan, Muhamad Dede (2021) Pengaruh Supervisi Akademik Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Analisis Kuantitatif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kota Bekasi). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Supervisi Akademik Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Analisis Kuantitatif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kota Bekasi)] Text (Pengaruh Supervisi Akademik Dan Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Analisis Kuantitatif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kota Bekasi))
2021-MUHAMAD DEDE HERMAWAN-2018.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik supervisi akademik dan manajemen sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei yaitu dengan survey melalui angket. Populasi dalam penelitan ini sejumlah 60, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua jumlah populasi tersebut dijadikan sebagai sampel jenuh sebanyak 60 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda yang diuraikan dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervise akademik terhadap mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda. Supervisi akademik memberikan pengaruh terhadap mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebesar 7,6% dan sisanya yaitu 92,4% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 100,703 + 0,155 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor supervisi akademik, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebesar 100,858. Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan manajemen sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda. Manajemen sarana prasarana memberikan pengaruh terhadap mutu pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebesar 19,9% dan sisanya yaitu 80,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 86,617 + 0,276 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Manajemen Sarana Prasarana, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebesar 88,893. Ketiga, Terdapat pengaruh positif supervisi akademik dan manajemen sarana prasarana secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda. Besarnya pengaruh supervisi akademik dan manajemen sarana prasarana secara bersama-sama atau simultan terhadap hasil belajar adalah 83,5% dan sisanya yaitu 16,5% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan regresi (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 51,982– 0,006 X1 + 0,614 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan skor Supervisi Akademik dan Manajemen Sarana Prasarana secara bersama sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sebesar 52,59.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:20
Last Modified: 15 Feb 2022 03:20
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item