Firzanunnajik, Moh. (2021) Hubungan Antara Tanggung Jawab Terhadap Tugas (Task Commitment) Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut PTIQ Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-MOH. FIRZANUNNAJIK-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk menganalisis dan mengetahui hubungan positif dan signifikan antara tanggung jawab terhadap tugas (Task Commitment) dengan hasil belajar mahasiswa. Kedua, untuk menganalisis dan mengetahui hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Ketiga untuk menganalisis dan mengetahui hubungan positif dan signifikan antara tanggung jawab terhadap tugas (Task Commitment) dan disiplin belajar secara simultan dengan hasil belajar mahasiswa. Draf maupun rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyebaran kuesioner atau angket untuk mendapatkan data yang diperlukankan dalam penelitian ini, mengunakan data sekunder yaitu data yang sudah ada di tata usaha yang sudah berbentuk IPK, dilanjutkan dengan
pendalaman melalui wawancara dan observasi langsung ke sumber data yaitu mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 sebagai populasi. Sedangkan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara tanggung jawab terhadap tugas (task Commitment) dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam semester genap tahun akademik 2020/2021 Institut PTIQ Jakarta ditunjukan dengan koefisien tingkat ketergantungan tanggung jawab terhadap tugas (task Commitment) terhadap hasil belajar sebesar 29,1%. Kedua, hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam semester genap tahun akademik 2020/2021 Institut PTIQ Jakarta memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Ditunjukan melalui koefisien dengan tingkat ketergantungan disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 26,8%. Ketiga, tanggung jawab terhadap tugas (task Commitment) dan disiplin belajar yang dimiliki mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam semester genap tahun akademik 2020/2021 Institut PTIQ Jakarta secara bersama-sama memiliki hubungan yang sedang dengan hasil belajar. Ditunjukan melalui koefisien dengan tingkat ketergantungan disiplin belajar dan tanggung jawab terhadap tugas (task Commitment) secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 29,5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 378. Pendidikan Tinggi, Unversitas > 378.598. Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 02:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 02:34 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/504 |