repository ptiq

Model Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Kenormalan Baru Di SDIT Tasmira Pancoran Mas Depok Jawa Barat

Widiastuti, Siti (2021) Model Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Kenormalan Baru Di SDIT Tasmira Pancoran Mas Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Model Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Kenormalan Baru Di SDIT Tasmira Pancoran Mas Depok Jawa Barat] Text (Model Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Masa Kenormalan Baru Di SDIT Tasmira Pancoran Mas Depok Jawa Barat)
2021-SITI WIDIASTUTI-2019.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran tematik dalam peningkatan minat belajar siswa pada masa kenormalan baru di SDIT Tasmira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi fenomenologi yaitu metode penelitian kualitatif yang menganalisis atau mengkaji fenomena-fenomena yang tampak atau dapat diamati dengan panca indra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sasaran observasi ini adalah siswa, guru-guru dan kepala sekolah di SDIT Tasmira Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur dan yang menjadi responden dalam wawancara ini adalah guruguru dan kepala sekolah SDIT Tasmira Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Pengambilan data melalui dokumen dapat dilakukan peneliti dengan cara mengamati dokumentasi foto siswa, guru-guru di sekolah SDIT Tasmira. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa SDIT Tasmira Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat mengalami peningkatan positif pada masa kenormalan baru. Peningkatan minat belajar siswa yang meningkat disebabkan oleh: Pertama, pembelajaran tematik menggunakan pendekatan siswa aktif yang melandaskan pada inquiry learning yang digunakan oleh guru. Kedua, model pembelajaran tematik intergrated. Tema-tema belajar lebih di dekat pada realitas sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:39
Last Modified: 23 Feb 2022 02:39
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item