repository ptiq

Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an

Nafisah, Nafisah (2021) Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an. Doctoral thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an] Text (Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an)
2021-NAFISAH-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kesimpulan disertasi ini adalah bahwa pendidikan sosial bagi masyarakat dalam perspektif al Qur’an mengusung paradigma society integrated theocentric. Hal ini berdasarkan deskripsi al-Qur‟an bahwa pendidikan sosial bagi masyarakat sangat menekankan dimensi persatuan meski terjadi banyak perbedaan. Kesemuanya diikat dalam semangat sportivitas dalam kebaikan sebagai bentuk responsibilitas kepada masyarakat dan kepada Tuhan. pendidikan sosial bagi masyarakat sangat menekankan dimensi persatuan meski terjadi banyak perbedaan. Keseluruhan integrasi sosial tersebut diikat dalam semangat sportivitas dalam kebaikan sebagai bentuk responsibilitas setiap individu kepada dirinya sendiri, masyarakat dan kepada Tuhan. konsep pendidikan sosial bagi masyarakat secara informal ini, relevan dengan konsep global citizenship education (GCE) atau pendidikan masyarakat global yang diaplikasikan dalam pendidikan secara formal. GCE adalah program UNESCO yang ditujukan untuk siswa dari segala usia anak-anak, remaja, dan dewasa. Disertasi ini memiliki kesamaan pendapat dengan ‘Abd al-Hamid al- Hashimi (2001) dan Nasih} ‘Ulwan (1997) yang menyatakan bawa pendidikan sosial adalah pendidikan anak sejak kecil agar terbiasa menjalankan adab sosial yang baik dengan dasar-dasar kejiwaan luhur dan berlandaskan pada akidah Islami dengan disertai iman yang kuat, sehingga nantinya bersikap dengan tata krama yang baik, mentalnya matang dan penuh bijaksana. Disertasi ini memiliki perbedaan pendapat dengan Karl Marx, perubahan kehidupan atau kesuksesan hanya dapat dicapai melalui konflik dan konflik merupakan kegiatan penting untuk menghasilkan perubahan. Tanpa konflik maka tidak akan melahirkan perubahan. Analisis data dalam dalam penelitian ini adalah: metode kualitatif. Sedangkan metode penafsiran yang digunakan dalam disertasi ini adalah metode tafsir maudu‘i. Metode ini dipilih karena sesuai dengan fungsi dari metode ini yaitu untuk mengungkap respons al-Qur’an terhadap problematika kontemporer umat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:40
Last Modified: 16 Mar 2022 02:40
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item
View Item