repository ptiq

Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawih dalam Pendidikan

Sarnoto, Ahmad Zain (2011) Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawih dalam Pendidikan. Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 1 (1). ISSN 1907-2341

[thumbnail of Peer Review] Text (Peer Review)
Aktualisasi Pemikiran Pendidikan.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Naskah Jurnal] Text (Naskah Jurnal)
AKTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAK.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
02 Hasil Cek Plagiarism.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ibn Muskawaih mendasarkan prinsip keutamaan moralnya kepada teori “pertengahan ” (al-wasath). Menurutnya , sebuah tindakan dikatakan benar bila ia berada di tengah ekstrim kelebihan dan ekstrim kekurangan sehingga seseorang dapat disebut adil bila ia mampu menempatkan dirinva diantara aniaya dan teraiaya. Di samping itu, manusia hendaknya mampu menghindarkan diri dari penyukit moral yang selalu menggerogoti ke hidupannya. Bila penyakit itu dapat dihindari, maka kebahagiaan sejati akan segera dapat diraih. Wujud kebahagiaan dalam diri manusia tidak hanya terdapat dalam jiwa semata, tetapi juga sekaligus terdapat dalam jasmani. Kesempurnaan kebahagian itu akan dapat terpenuhi bilamana manusia dapat, menebarkan cinta dan kasih sayang diantura sesamanya. Agar rasa cinta dan kasih sayang dapat bersemi dalam diri setiap insan, maka ia harus dipupuk melalui pendidikan akhlaq yang dimulai sejak kanak-kanak.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 19 Mar 2022 05:09
Last Modified: 04 Dec 2022 02:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item
View Item