repository ptiq

Pemikiran Pendidikan Islam: Doktrin Islam tentang Pendidikan

Sarnoto, Ahmad Zain (2014) Pemikiran Pendidikan Islam: Doktrin Islam tentang Pendidikan. Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 4 (2). ISSN 1907-2341

[thumbnail of Peer Review] Text (Peer Review)
Pemikiran Pendidikan Islam.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of Naskah Jurnal] Text (Naskah Jurnal)
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM DOKTRIN ISLAM TENTANG PENDIDIKAN.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
06 Hasil Cek Plagiarism.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada kenyataanya, struktur dari peradaban Islam, dari semenjak perkembagan Islam paling awal secara keseluruhan berasal dari spirit Alquran di samping konsep-konsep ilmu yang ada dalam Alquran. Kemudian prinsip ini dijadikan sebagai Weltanschauung yang melatarbelakangi keberadaan manusia secara global dan diinspirasikan dari era bagaimana konsep ilmu itu didefinisikan. Lebih dari itu, konsep serupa ini memformulasikan model pikiran dan penelitian yang dilakukan oleh umat Islam dalam rangka melihat realitas mengembangkan masyaraka yang tentunya lewat usaha-usaha pendidikan. Konsep ilmu sendiri yang termuat dalam Alquran seperti dinyatakan Ziaudding Sadar adalah sebuah nilai yang menakala dipahami dengan baik dari bingkai Islam, akan melahirkan sesuatu mengenai konsep Islam itu sendiri.

Dalam Islam berlaku rumusan, semakin seseorang berilmu, semakin bertakwa kepada Allah. Nilai syari’ah memotivasi bahwa ilmu harus melahirkan prilaku yang dihalalkan dan bukan prilaku yang diharamkan Allah. Dan terakhir, nilai khalifah yang menjadikan ilmu harus mencerminkan sistem dan metode mewujudkan tugas khalifah umat manusia sebagai amanah Allah yang wajib ditunaikan guna mewujudkan Islam sebagai rahmata li al’alamin

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 19 Mar 2022 06:01
Last Modified: 04 Dec 2022 03:17
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item
View Item