‘Aisyatunnadiya, Siti (2021) Pengaruh Manajemen Akademik Dan Sistem Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa STAI Al-Hamidiyah Kota Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-SITI 'AISYATUNNADIYA-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak manajemen akademik dan sistem pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa, baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei angket dan alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui distribusi sampel dan pengembangan variabel penelitian, analisis statistic menggunakan uji prasyarat, serta uji t linier berganda (parsial) dan uji F (simultan). Analisis regresi untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAI Al Hamidiyah Depok Jawa Barat yang berjumlah 150 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, berdasarkan hasil uji t parsial, manajemen akademik berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil hitung (t-hitung) adalah 2,014, yaitu t-tabel (ttabel). Adalah 1,96623 (t-hitung = 2,014 > t-tabel = 1,97623) dan 0,046 < nilai signifikan, dengan probabilitas 0,05 / 5%. Besarnya pengaruh dinyatakan dengan koefisien determinasi R2 (R-kuadrat) = 0,924. Artinya pengaruh manajemen akademik terhadap kepuasan mahasiswa adalah 92,4%. Arah pengaruh dapat ditentukan dari hasil analisis regresi linier sederhana yaitu persamaan regresi linier sederhana = 4,691 + 0,971X1. Artinya setiap peningkatan skor manajemen akademik akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan mahasiswa sebesar 5,662. Kedua, secara parsial berdasarkan hasil uji-t, sistem pelayanan administrasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil t-hitung (t-hitung) adalah 2,121, yaitu ttabel (t-tabel). Jika 1,97623 (t-hitung) = 2,121 > ttabel = 1,97623) dan 0,036 < nilai signifikan maka probabilitasnya adalah 0,05 / 5%. Besarnya pengaruh dinyatakan dengan koefisien determinasi R2 (R-square) = 0,924. Dengan kata lain, dampak sistem pelayanan manajemen terhadap kepuasan mahasiswa adalah 92,4%. Arah pengaruh dapat ditentukan dari hasil analisis regresi sederhana yaitu persamaan regresi linier sederhana = 4,334 + 0,973X2. Artinya setiap semakin tinggi nilai kredit sistem pelayanan administrasi maka semakin tinggi pula nilai kepuasan mahasiswa sebesar 5,307. Ketiga, berdasarkan hasil uji F secara simultan (Uji F), manajemen akademik dan pelayanan administrasi berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa secara simultan atau bersama-sama, dan jumlah F adalah 926.585 lebih banyak dari F. Ditampilkan nilai tabular adalah 3,04 (Fhit = 11.311>Ftab = 3.110) dan signifikansi (Sig) adalah 0,000 <probabilitas 0,05. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R-kuadrat) = 0,927. Artinya, sistem manajemen akademik dan sistem manajemen pelayanan, secara bersama-sama atau bersamaan, memberikan kontribusi sebesar 92,7% terhadap kepuasan mahasiswa. Arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda yang menunjukkan persamaan regresi = 4,596 + 0,769X1 + 0,203X2. Artinya setiap kali nilai system manajemen akademik dan sistem layanan manajemen dinaikkan secara bersama-sama atau bersamaan maka berdampak pada peningkatan kepuasan mahasiswa menjadi 5.568.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:01 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/575 |