Huda, Hisbulloh (2022) Pluralisme Quranik Perspektif Hamka. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-HISBULLOH HUDA-2019.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis tentang pluraslime Quranik dalam perspektik Hamka dilatar belakangi dengan sumber konflik yang berasal dari pemahaman terhadap teks agama, sehingga menimbulkan dua pendapat yang saling bertentangan dari kelompok eksklusif dan kelompok inklusif. Dari kedua sisi pandang ini menjadikan pluralisme sangatlah penting untuk dikaji, melihat Indonesia yang masyarakatnya memiliki keyakinan agama yang beraneka ragam, maka perlu adanya diskusi duduk bersama untuk mencari titik temu terhadap agama-agama yang ada dengan cara mengedepankan keuniversalan setiap ajaran agama, yaitu mengajarkan pemeluknya untuk menciptakan kehidupan yang damai dan harmonis dengan bersikap toleransi dan menghargai atas setiap perbedaan. Kemudian penulis berusaha mengumpulkan semua data-data, lalu dianalisa, dan disajikan dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan studi kepustakaan (Library Research) yang dilandasi oleh teori empati sosial. Adapun pembahasan tentang ayat-ayat al-Qur‟an menggunakan tematik (Maudhû‟i). Kesimpulan tesis ini, menemukan bahwa Hamka memiliki pandangan pluralis empatik, ini tergambar dalam penafsiran-penafsiran Hamka tentang akidah, syari‟at, dan muamalah pada Tafsir al-Azhar. Dalam menafsirkan ayat-ayat tersebut, Hamka memberikan pendekatan pemahaman pluralisme dalam kehidupan bermasyarakat. Pemahaman dalam Tafsir al-Azhar memberikan penekanan sikap empatik setiap individu kelompok masyarakat terhadap diri, lingkungan, maupun hubunganya dengan Tuhan. Tesis ini sejalan dengan pendapat Nurcholis Madjid dan Ernst Troeltsch yang meyakini pentingnya pluralism empatik dalam kehidupan bermasyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:06 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:06 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/605 |