repository ptiq

Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Model Supervisi Klinis Terhadap Kreativitas Mengajar Guru (Studi Kasus Di Sekolah Riyadh El Jannah Islamic School Bekasi)

Dzulfah, Fahriatu (2022) Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Model Supervisi Klinis Terhadap Kreativitas Mengajar Guru (Studi Kasus Di Sekolah Riyadh El Jannah Islamic School Bekasi). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-FAHRIATU DZULFAH-2019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis terhadap kreativitas mengajar guru, baik secara parsial atau sendiri-sendiri maupun secara simultan atau bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sementara analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, dan tingkat perkembangan variabel penelitian, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah guru TKIT, SDIT dan SMPIT Riyadh El Jannah Islamic School Bekasi sebanyak 67 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kreativitas mengajar guru sebesar 24,9% dan sisanya yaitu 75,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 75,677 + 0,317 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi manajerial kepala sekolah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kreativitas mengajar guru sebesar 75,994. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan model supervisi klinis terhadap kreativitas mengajar guru sebesar 28,1% dan sisanya yaitu 71,9% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana, yang menunjukkan persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) Ŷ = 79,656 + 0,281 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor model supervisi klinis, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor kreativitas mengajar guru sebesar 79,937. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifkan kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis jika diuji secara bersama-sama atau simultan terhadap kreativitas mengajar guru sebesar 34,4% dan sisanya yaitu 65,6% ditentukan oleh faktor lainnya. Sedangkan arah pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda, yang menunjukkan persamaan regresi (unstandardized coefficients B) Ŷ = 67,616+ 0,190 X1 + 0,195 X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor kompetensi manajerial kepala sekolah dan model supervisi klinis secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kreativitas mengajar guru, sebesar 68,001.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:59
Last Modified: 29 Jun 2022 07:59
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item