repository ptiq

Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SDIT Salsabila Kota Bekasi Jawa Barat

Rajbi, Zuhdi (2022) Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SDIT Salsabila Kota Bekasi Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-ZUHDI RAJBI-182520124.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik pendampingan orang tua dan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa secara bersama-sama maupun secara simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei yaitu dengan survei melalui angket. Populasi dalam penelitan ini sejumlah 110, karena jumlah populasi 110 maka semua jumlah populasi tersebut dijadikan sebagai sampel sebanyak 70 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda yang diuraikan dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan pendampingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi. Berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda. Pendampingan orang tua memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemic sebesar 18,6% dan sisanya yaitu 81,4% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 82,566 + 0,309 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pendampingan orang tua, akan memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi sebesar 82,875. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemic berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda. Kreativitas mengajar guru memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi sebesar 17,9% dan sisanya yaitu 82,1% ditentukan oleh factor lainnya. Persamaan regresi linear sederhana (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 73,996 +0,385 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kreativitas mengajar guru akan memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi sebesar 74,381. Ketiga, terdapat pengaruh positif pendampingan orang tua dan kreativitas mengajar guru secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda. Besarnya pengaruh pendampingan orang tua dan kreativitas mengajar guru secara bersama-sama atau simultan terhadap motivasi belajar adalah 11,3% dan sisanya yaitu 88,7% ditentukan oleh faktor lainnya. Persamaan regresi (unstandardized coefficients B) menunjukkan Y = 64,557+0,209 X1 + 0,250 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan skor pendampingan orang tua dan kreativitas mengajar gurusecara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi sebesar 65,016.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:25
Last Modified: 07 Jul 2022 01:25
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item
View Item