repository ptiq

Paradigma Pembelajaran Al-Qur’an Jarak Jauh Melalui Pengunaan Media Audio Visual Qur’an Call Di Daarul Qur’an Tangerang Banten

Fauzi, Agung (2022) Paradigma Pembelajaran Al-Qur’an Jarak Jauh Melalui Pengunaan Media Audio Visual Qur’an Call Di Daarul Qur’an Tangerang Banten. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-AGUNG FAUZI -2019.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Paradigma Pembelajaran Al-Qur’an Jarak Jauh Melalui Penggunaan Media AudioVisual Qur’an Call di Daarul Qur’an Tangerang Banten. Penelitian inimenggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Sampel atau yang disebut dengan informan dalam penelitian ini adalah guru sebagai informan utama sebanyak lima orang dan siswa sebagai informan pendukung sebanyak 10 orang di Daarul Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Qur’an Call dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah adalah sebagai berikut: 1. Tujuan; Qur’an Call di Daarul Qur’an bertujuan untuk membangun komunitas para pembelajar dan pecinta Al-Qur’an serta membentuk pribadi muslim yang memiliki kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan benar berdasarkan aturan-aturan mendasar seperti makhraj dan tajwid. 2. Durasi; Qur’an Call mengklaim sebagai platform pembelajaran Al-Qur’an melalui media aplikasi web video call 2 kali seminggu dengan kurikulum yang didesain sendiri dan mempertemukan siapapun yang ingin belajar Al-Qur’an dengan guru-guru Qur’an terbaik se-Indonesia. 3. Media Belajar; media belajar yang digunakan berbasis website, aplikasi Android yang dapat diunduh secara gratis sehingga lebih memudahkan untuk diakses melalui smartphone yang merupakan salah satu perangkat telekomunikasi populer, layanan Qur’an Call (voice) dan untuk bimbingan video menggunakan website qurancall.id atau zoom meeting dengan sebelumnya melakukan registrasi melalui admin Qur’an Call. 4. Peran Guru; peran guru adalah membantu penggunaan media audio, visual, dan audiovisual dalam pembelajaran yang ternyata dirasa sudah tidak asing bagi peserta (santri) relatif mudah mengajarkannya/melatihnya.
Implementasi Qur’an Call; respon masyarakat yang paling banyak adalah pembelajaran Al-Qur’an yang melalui telepon gratis, sehingga santrisantri Qur'an Call ada di berbagai macam daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:54
Last Modified: 28 Sep 2022 02:54
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item
View Item