Sodik, Faozan (2021) Penanaman Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Amtsal. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2021-FAOZAN SODIK-2018.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini membahas tentang penanaman sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pendekatan amtsal. Tesis ini terinspirasi dari dua penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hasan Rijaluttaqwa (2012, dan Mahbub Nuryadien (2018), yang mengatakan amtsal dapat digunakan sebagai salah satu metode pendekatan efektif dalam proses pembelajaran, dan proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik anak-anak perlu dirangsang oleh sesuatu yang dapat digambarkan dengan mudah sehingga dapat memacu kognitif, afektif serta psikomotorik. Peneliti menganalisis secara deskriptif sejauh mana pendekatan amtsal dalam Al-Qur’an maupun hadits dapat diterapkan dalam pembelajaran saintifik untuk menanamkan kompetensi sikap (spiritual dan sosial) yang merupakan kompetensi inti yang sangat diharapkan muncul dari proses pembelajaran. Penelitian ini berpegang pada dua teori: Pertama, pembelajaran harus berimplikasi pada terjadinya perubahan tingkah laku positif peserta didik sebagai hasil dari interaksi, bimbingan dan pengalaman selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran melalui pengalaman dan pengetahuan diperoleh melalui penginderaan yang masuk ke dalam memori dan tersusun dalam bentuk struktur kognitif. Kedua, perubahan tingkah laku memerlukan dorongan dan motivasi dari baik dalam diri peserta didik atau dari luar dirinya. Berdasarkan dua teori tersebut, penelitian dengan pendekatan amtsal dalam pembelajaran saintifik ini diharapkan memotivasi dan menstimulasi peserta didik dalam mengembangkan kompetensi sikap spiritual dan sosial. Penelitian dengan memadukan dua pendekatan ini belum banyak diangkat sehingga penulis melihat tema tersebut sangat orisinil dan relevan. Penulisan tesis ini menggunakan penelitian kualitatif tematik dengan metode studi pustaka melalui pendekatan grounded theory methodology, yaitu suatu metodologi umum untuk mengembangkan teori penelitian kualitatif yang dilakukan secara sistematis berdasarkan data yang dikumpulkan tentang suatu fenomena yang menjadi fokus penelitian. Datadata diperoleh dengan cara menggali sumber pustaka berupa buku, jurnal dan sejenisnya yang membahas tema terkait. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran saintifik pada mata pelajaran PAI sangat tepat dipadukan dengan pendekatan amtsal terutama untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi-materi PAI yang bersifat abstrak. Tesis ini menyimpulkan ada tiga manfaat pendekatan amtsal khususnya dalam pembelajaran saintifik yaitu: 1) dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan kongkrit, 2) sesuai usia peserta didik, dan 3) melibatkan peserta didik secara aktif. Kesimpulan ini sekaligus mendukung teori pembelajaran saintifik yang bertujuan selain untuk meningkatkan nalar intelektual dan kemampuan memecahkan masalah secara mandiri, tetapi juga sikap spiritual dan sosialnya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.77. Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:25 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 01:25 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/642 |