repository ptiq

Kualitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Manajemen Excellent Service Guru Di SMA Islam Al-Azhar 19 Ciracas Jakarta Timur

Firnando, Hero Gefthi (2022) Kualitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Manajemen Excellent Service Guru Di SMA Islam Al-Azhar 19 Ciracas Jakarta Timur. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-HERO GEFTHI FIRNANDO-2020.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kebosanan belajar pada peserta didik selama belajar dari rumah akibat dampak pandemi Covid-19 sangat memprihatinkan, yang menandakan bahwa kurangnya pelayanan prima (excellent service) dari sekolah terutama pada guru pada masa pembelajaran Covid-19. Keprihatinan tersebut menggugah keprihatinan setiap kalangan. Termasuk SMA Islam Al-Azhar 19 Ciracas Jakarta Timur yang telah berupaya untuk memanajemen pelayanan prima (excellent service) guru agar terwujudnya kualitas pembelajaran pada peserta didik selama pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan implementasi SMA Islam Al-Azhar 19 Ciracas Jakarta Timur dalam pengembangan pelayanan prima (excellent service) guru terutama kaitannya dengan peningkatan kualitas pembelajaran pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis melalui wawancara, pengamatan langsung di lapangan dan dokumentasi. Analisis data didapat dari display yang kemudian dilakukan reduksi, filter, klarifikasi, perbandingan data/komparasi, penguraian, hingga penyimpulan akhir. Subjek yang terpilih dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha, waka kurikulum, orang tua dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: (1) manajemen pengembangan excellent service guru telah mampu meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. (2) manajemen excellent service guru dilakukan oleh waka kurikulum dengan program professionalisme guru, pemberian reward, pengembangan minat bakat peserta didik. (3) faktor keberhasilan, professionalisme guru yang semakin berkembang, dengan meningkatnya prestasi peserta didik baik akademik maupun non akademik, meningkatnya peserta didik yang masuk perguruan tinggi, antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, antusias orang tua dalam mendukung program pembelajaran sekolah. Faktor penghambat, kurangnya motiasi belajar individu peserta didik, kesulitan mengakses Learning Manajemen System dan akses internet yang kadang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:06
Last Modified: 12 Oct 2022 10:06
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item