repository ptiq

Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Mutu Melalui Program Tilawati Di SMA Al-Muslim Tambun-Kab. Bekasi, Jawa Barat

Rohmaniah, Alviatur (2022) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Mutu Melalui Program Tilawati Di SMA Al-Muslim Tambun-Kab. Bekasi, Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-ALVIATUR ROHMANIAH-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifitas pembelajaran Al-Qur’an berbasis mutu melalui program Tilawati di SMA Al-Muslim Tambun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis yaitu berusaha memaparkan secara sistematis materi- materi pembahasan yang berasal dari berbagai sumber untuk kemudian dianalisis dengan cermat guna memperoleh hasil sebagai kesimpulan yaitu, Bagaimana keefektivan pembelajaran Al-Qur’an berbasis mutu di SMA Al-Muslim melalui program Tilawati. Penelitian ini juga merupakan penelitian lapangan yang dimaksud adalah mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi sosial individu kelompok lembaga terkait dengan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Tilawati. hasil penelitian diperoleh: Pertama pembelajaran Al-Qur’an di SMA Al-Muslim sangat efektif dengan menggunakan metode Tilawati. Guru Tilawati memenuhi standar kompetensi dasar sebagai guru yang profesional sehingga pembelajaran menjadi efektif dan mencapai target hasil baik. siswa juga memperoleh kesan positif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Tilawati. Kedua metode pembelajaran Al-Qur’an yang digunakan menyenangkan karena proses pembelajaran menerapkan nada rost atau nada datar naik dan turun sehingga terdapat variasi dalam bacaan. Teknik yang digunakan adalah klasikal teknik 1 2 dan 3. Teknik 1 adalah guru membaca siswa mendengarkan teknik 2 guru membaca siswa mengikuti teknik 3 membaca bersama-sama guru dan murid keefektifan pembelajaran Al-Qur’an metode Tilawati di SMA Al-Muslim dilihat dari satu guru yang bermutu yang memenuhi ketentuan menjadi guru Tilawati yang memiliki syahadat yang kedua dari metodenya yang memang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 12 Oct 2022 10:09
Last Modified: 12 Oct 2022 10:09
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item
View Item