repository ptiq

Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Akbar, Waroqah (2020) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2020-WAROQAH AKBAR-2016.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kesimpulan tesis ini adalah: peran manajemen kepala sekolah dalam penerapan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di jenjang sekolah menengah pertama dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan. Hal ini berdasarkan pada permasalahan yang ditemukan saat pembelajaran daring. Keterbatasan akses internet, kesulitan siswa untuk konsentrasi belajar dari rumah, guru yang kesulitan dalam mengelola kegiatan pembelajaran hingga orang tua yang tidak memiliki kemampuan dalam membimbing dan memotivasi anaknya untuk belajar.
Dalam penulisan ini ditemukan empat konsep atau peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran daring. Pertama, manajemen perekayasaan kurikulum. Kedua, manajemen pemberdayaan tenaga pendidik dan kependidikan. Ketiga, manajemen pendayagunaan sarana dan prasarana. Keempat, manajemen pembiayaan pendidikan.
Tesis ini memiliki kesamaan pendapat dengan Ali Murfi, Irwan Fathurrochman, Atika, Nora Saiva Jannana (2020), Rizqon Halal Syah Aji (2020), Ruci Pawicara, Maharani Conilie (2020), yang mengemukakan pendapat terkait kendala pembelajaran daring yang terjadi di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran tatap muka (luring) jauh lebih efektif dibanding pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:58
Last Modified: 18 Oct 2022 07:58
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item