repository ptiq

Manajemen Rekrutmen Pendidik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDI Al Ikhlas Cilandak, Jakarta Selatan

Sukron, Mhd. (2022) Manajemen Rekrutmen Pendidik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDI Al Ikhlas Cilandak, Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-MHD SUKRON-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah alat utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Adapun dasar dari pendidikan yang berkualitas adalah pengajaran yang berkualitas tinggi, pengajaran berkualitas hanya bisa dilakukan oleh pendidik yang berkualitas. Salah satu cara untuk mendapatkan pendidik yang bermutu adalah dengan melakukan proses rekrutmen yang baik, rekrutmen yang terencana, terukur dan obyektif. Fokus penelitian yang diteliti dalam tesis ini adalah: 1) mendeskripsikan proses manajemen rekrutmen pendidik mulai dari analisis kebutuhan, sosialisasi formasi, persyaratan lamaran, proses seleksi, penentuan kriteria dan penetapan kelulusan pendidik. 2) Bagaiamana peran manajemen rekrutmen dalam peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan proses manajemen rekrutmen pendidik mulai dari membuat landasan rekrutmen (anlisis kebutuhan dan penentuan persyaratan), metode, sumber rekrutmen dan sosialisasi formasi, proses seleksi dan penetapan hasil rekrutmen pendidik di SDI Al Ikhlas serta kendala-kendala selama melakukan rekrutmen. 2) Mendeskripsikan peran manajemen rekrutmen dalam peningkatan mutu pendidikan di SDI Al Ikhlas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari hasil obeservasi, wawancara dan dokumentasi dimulai dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses rekrutmen pendidik di SDI Al Ikhlas masih belum terselenggara dengan baik, yaitu terdapat beberapa kekurangan seperti tidak ada perencanaan terkait pembentukan panitia rekrutmen pendidik, tidak adanya pedoman wawancara dan tidak adanya format penilaian tes kemampuan membaca Al-Qur’an. 2) Manajemen rekrutmen pendidik di SDI Al Ikhlas sudah berperan dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDI Al Ikhlas. Hal demikian dilihat dari banyaknya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik dan meningkatnya jumlah perserta didik kelas 6 yang khatam Al-Qur’an lebih dari 1 kali dari tahun 2019 sampai 2021, serta prestasi-prestasi lain yang sudah diraih oleh peserta didik SDI Al Ikhlas, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 23 Oct 2022 01:58
Last Modified: 23 Oct 2022 01:58
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item