repository ptiq

Al-Qur'an and The Need For Islamic Education To Artificial Intelligence

Saihu, Made (2022) Al-Qur'an and The Need For Islamic Education To Artificial Intelligence. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 6 (1). ISSN 2087-9125

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 11.pdf

Download (3MB)

Abstract

Meyongsong era pendidikan 4.0, dibutuhkan langkah konkret seperti menyiapkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis, mampu mengembangkan komunikasi interpersonal dengan baik, kreatif, dan tentu saja kolaboratif; menstransformasi model pendidikan agar lebih adaptif dengan perkembangan teknologi dengan melakukan; menyesuaiakan kurikulum untuk membekali siswa mengenai big data, kecerdasan buatan, dan masyarakat digital secara umum; menyediakan konten pembelajaran digital. Visualisasi pendidikan yang mampu memikat dangan menginspirasi adalah melalui kecerdasan buatan. Selain itu kecerdasan buatan sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia Islam. Jauh sebalum mengenal peradaban modern, digambarkan dalam Al-Qur’an bahwa basic kecerdasan buatan pernah dilakukan oleh Samiri sebagaimana disebutkan dalam QS. Thaha; 77-78. Tulisan ini tidak bermaksud untuk membenarkan apa yang dilakukan oleh Samiri, tetapi mengambil pelajaran dari apa yang dilakukannya bahwa akal dapat menciptakan sesuatu melampoui batas zamannya. Kecerdasan buatan tidak saja menciptakan berbagai kemudahan dan peluang dalam pendidikan, tetapi juga tantangan. Guru wajib memastikan tercapainya tujuan pendidikan Islam itu sendiri, karena peran guru tidak bisa digantikan sepenuhnya oleh teknologi. Keterbutuhan pendidikan Islam terhadap teknologi sangat membantu dari aspek praktis dan administrasi terutama terkait dengan efisiensi dan efektivitas, tetapi proses penanaman nilai tidak dapat menggantikan peran dari seorang guru

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:57
Last Modified: 11 Jan 2023 09:06
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item