repository ptiq

Manajemen Kurikulum Integratif di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang

Saihu, Made (2022) Manajemen Kurikulum Integratif di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 5 (1). ISSN 2685-1148

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 14.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kurikulum integratif pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang. Integrasi kurikulum penting dilakukan untuk menjaga eksistensi pesantren agar tetap relevan dalam menyelenggarakan pendidikan dalam setiap zaman dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan model pendidikan yang komprehensif. membangun manajerial yang andal Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: 1) perencanaan kurikulum integrasi pesantren dan madrasah dibuat oleh pimpinan pesantren dan madrasah, direktur KMI, serta bidang litbang kurikulum dan silabus. 2) Pelaksanaan kurikulum integrasi pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang dilakukan dengan cara: a) mengintegrasi program pelaksanaan kurikulum, b) mengintegrasikan supervisi pelaksanaan kurikulum dengan kerja sama pesantren dan madrasah. 3) Evaluasi kurikulum integrasi pesantren dan madrasah di Pondok Pesanten Subulussalam Kresek Tangerang dilakukan dengan cara: a) melakukan evaluasi konteks kurikulum bersama, b) melakukan evaluasi input bersama, c) melakukan evaluasi proses bersama, meliputi: evaluasi mingguan dan evaluasi insidentil, dan d) melakukan evaluasi produk bersama. Adapun kendala integrasi kurikulum pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang, yaitu dalam aspek sarana prasarana, keterbatasan waktu dan teknologi

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 24 Nov 2022 09:35
Last Modified: 11 Jan 2023 09:13
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item
View Item