repository ptiq

Moral Education In Puppet Art

Saihu, Made (2022) Moral Education In Puppet Art. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1). ISSN 2716-098X

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 23.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tulisan ini menyimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan dalam tradisi wayang yang bertujuan sebagai sarana untuk menanamkan akhlak yang dalam terminologi nusantara disebut toto kromo. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan nilai-nilai yang terdapat dalam tradisi wayang serta relevansinya dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keilmuan dalam pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode (library research). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Adapun nilai-nilai pendidikan dalam tradisi wayang antara lain; rendah hati; teguh pendirian; Istiqomah; berprasangka baik; hormat kepada yang lebih dewasa; kasih sayang. Dalam tradisi wayang bukan hanya mengajarkan tentang nilai- nilai pendidikan akhlak, tetapi terdapat pelajaran bagaimana cara berhubungan baik kepada Allah, dimana nilai pendidikan ini terangkum pada nilai-nilai ketauhidan. Adapun nilai pendidikan lain dalam tradisi wayang adalah nilai sosial (berhubungan dengan manusia), yaitu belas budi. Penelitian ini memang kurang sempurna, maka dari itu perlu diadakan penelitian lanjutan. Paling tidak melalui penelitian ini memberikan gambaran terhadap adanya nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kebudayaan, khususnya yaitu tradisi wayang yang sudah melegenda di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 26 Nov 2022 01:48
Last Modified: 11 Jan 2023 09:23
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item