repository ptiq

Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam

Saihu, Made (2022) Eksistensi Manusia sebagai Khalifah dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2). ISSN 2716-098X

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 24.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui serta menganalisis esensi manusia dalam pendidikan Islam dalam ruang al-insan al-kamil. Tulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan, sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis yaitu suatu pendekatan penelitian yang lebih memfokuskan pada dimensi intelektual agama. tulisan menyimpulkan bahwa eksistensi manusia merupakan perpaduan antara unsur jasmani dan unsur rohani atau antara unsur materi dan unsur immateri, yaitu perpaduan antara badan (sebagai unsur materi), akal dan ruh (sebagai unsur immateri). Manusia sejak saat penciptaannya telah dibekali oleh Allah berupa potensi “berpengetahuan” atau “berilmu”. Potensi ilmu dan akal atau pengetahuan inilah yang kemudian membedakan manusia dari makhluk yang lain. Karena potensi ini pula ia menjadi makhluk yang mulia dan memiliki nilai lebih sehingga ia diangkat menjadi khalifah di muka bumi. Dalam perspektif pendidikan, manusia adalah makhluk paedagogik yang mempunyai potensi untuk dididik dan mendidik. Dengan demikian pendidikan menjadi suatu proses yang niscaya bagi manusia dalam rangka untuk membimbing dan mengarahkan serta mengaktualisasikan potensi yang ada pada diri manusia. Sebuah analisis yang mengharuskan pendidikan Islam dibangun melalui integrasi aqliyah dan qalbiyah.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 26 Nov 2022 01:50
Last Modified: 11 Jan 2023 09:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item
View Item