repository ptiq

Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan

Saihu, Made (2022) Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2). ISSN 2581-1754

[thumbnail of Peer Review dan Check Plagiarism] Text (Peer Review dan Check Plagiarism)
Naskah Jurnal 31.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan dasar dan landasan moderasi pendidikan sebagai sarana untuk membumikan sikap toleraan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif berbasis pada literature studi atau studi kepustakaan. Tulisan meyimpulkan bahwa melalui moderasi pendidikan tercipta semangat tolerasi dan egalitarianisme dalam dunia pendidikan yang berdampak pada terciptanya rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Mengawali moderasi dari dunia pendidikan, karena dunia pendidikan dinilai sebagai sarana awal dalam mebentuk sikap inkulsif. Tulisan juga memperlihatkan dasar dan landasan moderasi dalam Al-Aqur’an yaitu terdapat dalam surat Al-Baqarah (2) ayat 43. Ayat ini menajak seluruh umat manusia untuk bersikap adil, berada diposisi tengah sehingga tidak memihak ke salah satu pihak dengan selalu mengedepankan sikap netral sehingga berada dalam posisi yang terbaik. Pada point ini sikap moderat menjadi niscaya untuk dikedepankan untuk menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa. Berbagai halangan dan rintangan dapat diatasi dengan mudah jika persatuan dan kesatuan dapat terjaga dengan baik. Dalam kajian ini diperlihatkan bahwa persaudaraan merupakan sarana berpegang teguh berpegang teguh kepada nilai-nilai agama. Sebuah kajian yang menekankan sikap moderat dalam membina kerukunan dan persatuan bangsa yang diawali dari dunia pendidikan

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:46
Last Modified: 11 Jan 2023 09:32
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item
View Item