repository ptiq

Implementasi Reward dan Punishment pada Jenjang Sekolah Dasar Perspektif Al-Qur’an

Sarnoto, Ahmad Zain (2022) Implementasi Reward dan Punishment pada Jenjang Sekolah Dasar Perspektif Al-Qur’an. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial, dan Buadaya, 11 (2). ISSN 2776-978X

[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
18 Hasil Cek Plagiarism.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep reward and punishment dalam teori-teori psikologi dan perspektif Al-Qur'an serta penerapannya dalam proses pendidikan karakter anak jenjang sekolah dasar, juga implikasinya dalam pengembangan pembelajaran. Metode reward and punishment didukung oleh teori-teori psikologi yaitu teori hierarki kebutuhan dasar oleh Abraham Maslow yang menyatakan bahwa keinginan seseorang untuk mendapatkan penghargaan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dan teori Operant Conditioning oleh B.F. Skinner yang menerapkan dua penguatan dalam proses pembelajaran yaitu positive and negative reinforcement. Beberapa prinsip dalam pemberian reward yaitu: 1) Harus ada batasannya, 2) dimusyawarahkan kesepakatannya, 3) dan distandarkan pada proses bukan hasil akhir. Sementara prinsip dalam penetapan punishment: 1) kepercayaan terlebih dahulu baru menghukum, 2) Menghukum tanpa emosi, dan 3) Hukuman bersifat mendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: penelitian studi tematik. Dengan metode kepustakaan (library research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Dec 2022 04:26
Last Modified: 04 Dec 2022 04:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item
View Item