Maslu'in, Maslu'in (2022) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Al Azhar. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-MASLU'IN-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penelitian ini mengandungpembahasan tentang pengembangan kurikulum PAI pada bidang tahfizh Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar se-Jabodetabek.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tujuan, 2) proses pelaksanaan, 3) kendala dan tantangan,4) strategi keberhasilan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islampada bidang tahfizh Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar se-jabodetabek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif analisis merupakan penelitian yang menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku, maka konsentrasi dalam penelitian ini bertujuan mengungkap data tentang kondisi objektif melalui data yang benar-benar terjadi. Dalam pengumpulan data digunakan alat bantu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi untuk memperoleh informasi berupa pengalaman, sikap, perasaan dan gagasan para subyek penelitian seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam.
Temuan penelitian di SD Islam Al Azhar se-Jabodetabek menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Azhar se-Jabodetabek merujuk pada ketentuan pengembangan kurikulum yang telah disusun oleh tim kurikulum PAI Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, (2) Diketahui bahwa pengembangan kurikulum PAI pada bidang tahfizh Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar se-Jabodetabek belum seluruhnya berlandaskan pada ketentuan penyusunan pengembangan kurikulum oleh para ahli, yaitu berupa dokumen kurikulum yang dilengkapi dengan silabus, kecuali SD Islam Al Azhar Bintaro yang telah memiliki dokumen kurikulum tahfizh secara lebih lengkap,(3) Faktor kendala dalam pengembangan kurikulum PAI di SD Islam Al Azhar se-Jabodetabek dirasakan ketika implementasi, baik faktor internal maupun eksternal, seperti halnya kegiatan pendukung dan muatan materi yang cukup banyak dan padat yang menjadikan kurang optimal dalam pengembangan kurikulum di sekolah. Kemudian ada juga faktor yang datang dari luar, yakni kurangnya partisipasi aktif dari orang tua dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 04 Feb 2023 09:40 |
Last Modified: | 04 Feb 2023 09:40 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/929 |