repository ptiq

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di SDIT Al Ukhuwah Jailolo, Halmahera Barat

Ahmad, Sunarji T (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di SDIT Al Ukhuwah Jailolo, Halmahera Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-SUNARJI T AHMAD-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan tempat penelitian di SDIT Al-Ukhuwah Jailolo Halmahera Barat. Pelaksanan dalam penelitian ini selama 4 bulan, dimulai bulan Oktober 2021 sampai Januari 2022. Adapun subjek dan Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru Tahfidz. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengelolah data dan melaporkan apa yang telah didapatkan selama penelitian berlangsung di sekolah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran tahfidz di SDIT Al-Ukhuwah Jailolo dengan cara mengarahkan, menjalin komunikasi serta memberikan motivasi kepada guru tahfidz dalam membuat manajemen pembelajaran tahfidz berjalan dengan efektif meliputi, Pertama perencanaan pembelajaran tahfidz SDIT Al-Ukhuwah tidak menggunakan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), namun memakai cara menentukan hafalan perkelas, alokasi waktu, belum ada metode hafalan yang tetap dan menghafal sesuai dari guru tahfidz. Penerimaan guru tahfidz menggunakan sistem dilamar oleh pihak Yayasan Al-Ukhuwah. Kedua pelaksanaan pembelajaran tahfidz sepekan sekali dihari sabtu dimulai pada pukul 07:00-09:30 WIT. Metode yang digunakan adalah metode tahfidz dan murojaah. Adapun media yang digunakan adalah al-Qur’an. Ketiga evaluasi pembelajaran tahfidz menggunakan system setoran hafalan. Didalam pelaksanaan evaluasi dilakukan ulangan semester dan kenaikan kelas. Hambatan yang dihadapi adalah, terlambatnya guru mengajar, tidak meratanya hafalan para siswa serta minimnya pemahaman ilmu Tajwid baik pihak Guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Mar 2023 07:57
Last Modified: 11 Mar 2023 07:57
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item
View Item