Shunhaji, Akhmad (2019) Agama dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1 (1). ISSN 2716-098X
05 Check Turnitin.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tulisan ini mendiskripisikan tentang substansi moral dan etika sosial dalam mata pelajaran agama di sekolah. Objek kajian dalam tulisan ini adalah telaah kritis terhadap terhadap buku pendidikan agama Islam (PAI) dan budi pekerti (BP). Sementara metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode studi pustaka (library research), yaitu melalui analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasinya sehingga akan mengarah pada hasil yang didapat. Tulisan ini memperlihatkan bahwa, jika materi Pendidikan Agama Islam bercorak Islam moderat, maka peserta didik dapat bersikap santun atau memiliki etika moral yang baik dan terbuka dalam menyikapi banyak pluralitas sosial. Disamping itu, peserta didik juga dapat memposisikan dirinya sebagai pribadi yang yang taat beragama dengan menjaga kemurnian akidah tetapi disaat yang sama dapat menghargai adat dan budaya lokal yang ada di lingkungan sekolah. Dengan mengejawantahkan Islam yang moderat, maka dapat dipastikan sikap spiritual peserta didik akan dapat semakin berkembang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan |
Divisions: | Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 13 May 2023 01:41 |
Last Modified: | 13 May 2023 01:41 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1067 |