Shunhaji, Akhmad (2021) Pembiasaan Positif dan Keteladanan di TK Tadika Puri Jakarta Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1). ISSN 2716-098X
22 Check Turnitin.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tulisan ini membahas pentingnya metode pembiasaan dan keteladanan bagi peserta didik pada jenjang belajar anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenlogi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. untuk mengungkap fakta dibalik realita yang ada dalam proses belajar mengajar di kelas. Sebagai objek pendidikan, manusia (anak) merupakan sasaran pembinaan dalam melaksanakan (proses) pendidikan, yang pada hakikatnya ia memiliki pribadi yang sama dengan manusia dewasa, namun karena kodratnya belum berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter anak usia dini cocok menggunakan strategi pembiasaan positif dan keteladanan. Peserta didik langsung dapat memperoleh pelajaran tentang pembiasaan yang perlu dilakukan setiap saat dan yang perlu ditinggalkan. Proses meneladani dan membiasakan perilaku positif ini sejalan dengan tahapan pembentukan karakter, yaitu pengenalan, pemahaman, penerapan, pengulangan atau pembiasaan, pembudayaan, serta internalisasi. Sebuah strategi pembelajaran yang menekankan pada aspek pembiasaan dan keteladanan guna menumbuhkembangkan karakter anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan |
Divisions: | Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 13 May 2023 03:03 |
Last Modified: | 20 May 2023 07:22 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1084 |