Suratiningsih, Feni (2020) Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Introver. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-FENI SURATININGSIH-2018.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif, mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini yang introver. Peningkatan kecerdasan emosi anak introver melalui pembelajaran kooperatif di lakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centre approach), strategi pembelajaran kolaboratif (collaborative strategy), metode diskusi kelompok, teknik bermain peran (role playing), mencairkan suasana (ice breaking), dan dengan taktik ceramah, keteladanan, serta kartu bergambar (flash card).
Kesimpulan dari tesis ini sejalan dengan teori kecerdasan emosional (Emotional Intellegence) Daniel Goleman (1946) yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional menjadi pondasi bagi kecerdasan-kecerdasan lainnya.
Penelitian ini dilakukan di TK B, TK Islam Al-Azkar, Lebak Bulus Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta, sejak bulan April 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020. Sumber utama tesis ini adalah observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa kurikulum dan perangkat pembelajaran. Selanjutnya dalam memperoleh sejumlah data dilakukan dengan wawancara mendalam (in depth interview) tak terstruktur. Kemudian data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan fieldwork dengan menggunakan metode content analyisis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 153. Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36. Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 04:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 04:24 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/117 |